Rabu, 20 April 2016

Bibit pohon sengon berubah daunnya jadi akasia

bibit kayu sengon berubah daunnya menjadi daun pohon akasia, kejadian ini saya temukan pada pagi hari waktu saya buka jendela rumah. tanpa sengaja saya tengok bibit-bibit sengon yang kebetulan berada disamping rumah, lalu saya lihat ada satu bibit sengon yang agak janggal kelihatan daunnya berbeda dengan yang lain sebagian daunnya agak lebar.
pada saat itu saya penasaran kemudian saya angkatlah bibit itu lewat jendela ternyata daun bibit tersebut setengahnya daun sengon dan sebagian lagi daun akasia. bibit sengon sebanyak seribu bibit hanya satu ini yang mengalami perubahan.
awalnya, kejadian tersebut membuat saya terkejut karena setahu saya bibit yang saya miliki semuanya bibit pohon sengon, akhirnya saya dokumentasikan menggunakan kamera handpone.
sekitar pukul 10.00 wib kebetulan kawan-kawan berkunjung kerumah, untuk mengobati rasa penasaran dengan keanehan tersebut saya tunjukanlah gambar tersebut "mungkin ada yang tahu atau pernah mengalami keanehan yang sama" pikir saya. namun kawan-kawan malah ngak percaya dibilang saya ngambil gambar dari internet segala kawan satunya bilang itumah distek/disambung, untuk meyakinkannya saya ambilah bibit sengon aneh (pohon aneh) itu agar dilihat aslinya. baru mereka percaya malah ada yang ngomong "kok bisa ya" katanya. ditanyain malah balik nanya kan tambah bingung jadinya.
setelah kami teliti dan kami ambil kesimpulan bahwa pohon aneh (kayu aneh) tersebut mengalami kelainan genetiknya. bibit tersebut sengaja saya pisah dari bibit-bibit yang lain, agar bisa saya pantau perkembangannya. setelah beberapa bulan saya perhatikan ternyata bibit tersebut total berubah menjadi bibit pohon akasia. ini beberapa gambar lainnya :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar